Jumat, 19 Mei 2023

SD IT Wihdatul Ummah Kolaka Upgrading Kualitas Guru Dengan Platform Merdeka Belajar

| Jumat, 19 Mei 2023

Sejak pertama kali diluncurkan, Program Merdeka Belajar sukses mengakselerasi kualitas pendidikan di Tanah Air. Melalui program tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi berhasil memperkuat beragam aspek pendidikan. Mulai dari kurikulum, penguatan siswa dan tenaga pengajar (SDM), hingga bantuan-bantuan pendidikan.

Merdeka Belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan supaya siswa dan mahasiswa bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini dialkukan supaya para siswa dan mahasiswa bisa mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi bangsa.

Indikator keberhasilan program Merdeka Belajar yang digagas kementeriannya. Yakni partisipasi siswa-siswi dalam pendidikan Indonesia yang merata, pembelajaran yang efektif, dan tidak adanya ketertinggalan anak didik. (https://www.kemenkopmk.go.id/merdeka-belajar-ikhtiar-memperkuat-pilar-pendidikan)


Berdasarkan hal ini SD Islam Terpadu Wihdatul Ummah Kolaka mulai dari Kepala Sekolahhingga para guru berinisiatif untuk melaksanankan kegiatan In House Training (IHT)Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dengan menggunakanPlatform merdeka belajar pada Kamis 18 Mei 2023 di gedung SD IT Wihdatul Ummah Kolaka.09/05/2023

Kegiatan ini bertujuan untuk memahamkan para guru maupun pengajar tentang bagaimana mekanismekurikulum merdeka belajar itu di terapkan. 

Dibawakan oleh Bapak Didiet Ezka, S.Pd (Co. Capten Kab. Kolaka/ Kepala Sekolah SMP 5 Tanggetada) para guru begitu sangat antusias mendengarkan pemaparan dari beliau, salah satu pembahasannya beliau menyinggung tentang rendahnya literasi para siswa hari ini dan bagaimana kurikulum merdeka belajar mengatasi masalah tersebut

"Literasi  anak-anak kita jauh dibawah standar, literasi bukan hanya tentang sekedar rajin membaca buku namun bagaimana anak-anak mengelolah pikirannya untuk bisa mengatasi masalah-masalah yang ada dilingkungan sekitarnya" Ujarnya.




Selain itu Kepala sekolah SD IT Wihdatul Ummah Kolaka Bapak Mirwandi,S.Pd. berharap setelah pelatihan ini para guru bisa meningkatkan kulaitas peroses belajar mengajar di kelas denga memahami kurikulum merdeka belajar serta penggunaan aplikasinya

Related Posts

Tidak ada komentar: