Sabtu, 09 Januari 2021

JANGAN LENGAH AWASI ANAK MEMEGANG HANDPHONE!

| Sabtu, 09 Januari 2021

Handphone atau smartphone merupakan barang yang hampir semua orang  miliki di era ini. Mulai dari orang tua hingga anak-anak. Mengikuti arus zaman yang serba modern dan canggih, handphone kini tidak lagi hanya menjadi alat komunikasi  jarak jauh,  Namun banyak fitur tambahan yang membuat kita bisa menonton video secara online atau paling banyak digemari anak saat ini adalah bermain game.

Sebab itu juga banyak orang tua yang sibuk akan pekerjaan dan tidak punya banyak waktu untuk bersama-sama dengan anak kerap mereka memberikan kepada anaknya smartphone sebagai bentuk kasih saying serta untuk menghibur anak mereka. Berharap anak bisa bermain dengan  handphonenya dan tidak menggagu pekerjaan orang tuanya.Namun secara tidak langsung tanpa kita sadari bahwa memberikan mereka handphone tanpa adanya pengawasan akan merusak mental dan moral anak tersebut,karena mereka bisa secara bebas mengakses apa-apa yang mereka ingin lihat tanpa mengetahui baik buruknya apa yang mereka lihat.

Semakin maju zaman semakin  banyak aplikasi yang mengantarkan kita dan anak-anak kita pada lubang kemaksiatan yang dampaknya akan merusak kehidupan di dunia terlebih di akhirat. Banyak anak-anak yang tidak lagi memiliki adab dan akhlak karena meniru film atau video yang mereka anggap seru dan lucu dari smartphone mereka, banyak yang menjadi malas belajar karena waktu mereka habis dengan bermain game seharian tanpa mengenal waktu bahkan makan pun kadang mereka lupa. Maka dari itu kita sebagai orang tua yang bertanggung jawab penuh atas anak-anak kita hendaknya agar memberikan perhatian lebih kepada anak dengan meluangkan waktu bersama-sama mereka, mengajarkan mereka tentang adab dan akhlak islam, menceritakan kepada mereka kisah-kisah teladan para Nabi dan Rasul serta orang-orang soleh terdahulu.

Jika dirasa waktu kita sangat sedikit untuk bersama dengan anak kita, bisa dialkukan dengan cara mnyekolahkan mereka di sekolah-sekolah yang sangat mengedepankan pendidikan akhlak dan adab islam seperti Sekolah Islam Terpadu atupun Pondok Pesantren. Sehingga mereka bisa tumbuh menjadi anak yang sholeh/sholeha sebagaimana yang kita harapkan bersama .

Semoga Allah menjaga kita dan keluarga memasukkan kita semua ke surga-Nya dan menjauhkan kita dari Adzab Neraka. Aamiin

Allah Subhanhu Wata’ala Berfirman

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allâh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Oleh : Muhammad Raflee R
Kolaka, 9 Januari 2021
 

Related Posts

Tidak ada komentar: